Pahala yang Luar Biasa

0 33

Setelah kita membahas ancaman, peringatan, atau siksaan bagi yang meninggalkan puasa di bulan Suci Ramadan, marilah sekarang kita melihat bagaimana pahala bagi orang yang berpuasa di bulan Suci Ramadan.  Sungguh pahala di balik amalan puasa (baik yang wajib dan sunnah) amat luar biasa.

Semoga dengan mengetahui hal ini kita semakin bersemangat menjalankan ibadah tersebut terkhusus pada bulan Ramadan dengan dasar ikhlas karena mengharap ridha Allah. Semoga Allah menerima amalan kita sekalian. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.

 Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”

Dalam riwayat lain dikatakan: “Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Setiap amalan manusia adalah untuknya kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku”.” Dalam riwayat Ahmad dikatakan: “Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), “Setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan  puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya”.”

Dari riwayat pertama, dikatakan bahwa setiap amalan akan dilipatgandakan sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus kebaikan yang semisal. Kemudian dikecualikan amalan puasa. Amalan puasa tidaklah dilipatgandakan seperti tadi. Amalan puasa tidak dibatasi lipatan pahalanya. Oleh karena itu, amalan puasa akan dilipatgandakan oleh Allah hingga berlipat-lipat tanpa ada batasan bilangan.*

Oleh Choirul Anam Djabar

Kategori: RamadhanTag: