Baca Alquran Selama 40 Hari Tanpa Henti Sampai Mulut Berdarah

C. AKHLAQ

K.H.M. Moenauwir selalu memilih awal waktu untuk menunaikan Sholat, lengkap dengan Sholat Sunnah Rawatibnya. Sholat Witir beliau tunaikan 11 Raka’at dengan hafalan Al-Quran sebagai bacaannya. Begitu juga dalam mudawamah beliau terhadap Sholat Isyroq (setelah terbit Matahari), Sholat Dhuha dan Sholat Tahajjud.

Beliau mewiridkan Al-Quran tiap ba’da Ashar dan ba’da Shubuh. Walau sudah hapal, seringkali beliau tetap menggunakan Mushaf. Bahkan kemana pun beliau bepergian, baik berjalan kaki maupun berkendara, wirid Al-Quran tetap terjaga. Beliau mengkhatamkan Al-Quran sekali tiap satu minggu, yakni pada hari Kamis Sore. Demikianlah beliau mewiridkan Al-Quran semenjak berusia 15 tahun.

Waktu siang beliau lewatkan dengan mengajarkan Al-Quran, dan di waktu senggang beliau masuk ke dalam kamar khusus (dahulu terletak di sebelah utara masjid) untuk bertawajjuh kepad Allah swt. Sedangkan di malam hari beliau istirahat secara bergilir di antara istri-istri dengan demikian adilnya.

Beliau memiliki 5 orang istri, adapun istri kelima, dinikahi setelah wafatnya istri pertama, yakni;

  1. Nyai R.A. Mursyidah (Kraton Yogyakarta)
  2. Nyai Hj. Sukis (Wates Yogyakarta)
  3. Nyai Salimah (Wonokromo Yogyakarta)
  4. Nyai Rumiyah (Jombang – Jawa Timur)
  5. Nyai Khodijah (Kanggotan – Yogyakarta)

Begitulah K.H.M. Moenauwir hidup beserta keluarga di tengah ketenangan, kerukunan, istiqomah dan wibawa, dengan berkah Al-Quranul Kariim.

Orang hafal Al-Quran (Hafidz) yang beliau akui adalah orang yang bertakwa kepada Allah, dan Sholat Tarawih dengan hafalan Al-Quran sebagai bacaannya.

Begitu besar pengagungan beliau terhadap Al-Quran, sampai-sampai undangan Haflah Khotmil Quran hanya beliau sampaikan kepada mereka yang jika memegang Mushaf Al-Quran selalu dalam keadaan suci dari Hadats.

Pernah terjadi seorang santri asal Kotagede dengan sengaja memegang Mushaf Al-Quran dalam keadaan hadats. Setelah diusut oleh K.H.M. Moenauwir, akhirnya santri tersebut mengakuinya. Atas pengakuannya, si santri dita’zir, kemudian dikeluarkan dari Pesantren dalam keadaan sudah menghapalkan Al-Quran 23,5 juz.

Setiap setengah bulan sekali, beliau memotong rambut, juga tak pernah diketahui membuka tutup kepala, selalu tertutup, baik itu dengan kopyah, sorban, maupun keduanya. Menggunting kuku selalu beliau lakukan tiap hari Jum’at.

Pakaian beliau sederhana namun sempurna untuk melakukan ibadah, rapi dan bersetrika. Jubah, sarung, sorban, kopyah dan tasbih selalu tersedia. Pakaian dinas Kraton Yogyakarta selalu beliau kenakan ketika menghadiri acara-acara resmi Kraton. Untuk bepergian, beliau sering mengenakan baju jas hitam, sorban, dan sarung.

Beliau tidak suka makan sampai kenyang, terlebih lagi di bulan Ramadhan, yakni cukup dengan satu cawan nasi ketan untuk sekali makan. Jika ada pemberian bantuan dari orang, beliau pergunakan sesuai dengan tujuan pemberinya, jika ada kelebihan, maka akan dikembalikan lagi kepada pemberinya.

Walau beliau termasuk dalam abdi dalem (anggota dalam) Kraton, namun beliau tidak suka mendengarkan pementasan Gong Barzanji. Sebagai hiburan, beliau senang sekali mendengarkan lantunan Sholawat-sholawat, Burdah dan tentunya Tilawatil Quran.

Para santri beliau perintahkan untuk berziarah di Pemakaman Dongkelan tiap Kamis Sore. Tiap berziarah, beliau membaca Surah Yasin dan Tahlil. Apabila terjadi suatu peristiwa yang menyangkut ummat pada umumnya, beliau mengumpulkan semua santri untuk bersama-sama tawajjuh dan memanjatkan do’a kehadirat Allah, biasanya dengan membaca Sholawat Nariyyah 4444 kali atau Surat Yasin 41 kali.

Selain mengasuh santri, beliau tak lantas meninggalkan tugas sebagai kepala rumah tangga. Tiap ba’da Shubuh, beliau mengajar Al-Quran kepada segenap keluarga dan pembantu rumah tangga. Nafkah dari beliau, baik untuk istri-istri maupun anak-anak, selalu cukup menurut kebutuhan masing-masing. Suasana keluarga senantiasa tenang, tenteram, rukun, dan tidak sembarang orang keluar-masuk rumah selain atas ijin dan perkenan dari beliau.

Hampir-hampir beliau tak pernah marah kepada santrinya, selain dalam hal yang mengharuskannya. Pernah suatu waktu beliau tiduran di muka kamar santri, tiba-tiba bantal yang beliau pakai diambil secara tiba-tiba oleh seorang santri, sampai terdengar suara kepala beliau mengenai lantai. Lantas beliau memanggil santri yang mengambil bantal tadi seraya berkata; “Nak… saya pinjam bantalmu, karena bantal yang saya pakai baru saja diambil oleh seorang santri.”

Seringkali beliau memberikan sangu kepada santri yang mohon ijin pulang ke kampung halamannya, dan sangat memperhatikan kehidupan santri-santrinya. Para santri pun dianjurkan untuk bertamasya ke luar pesantren, biasanya sekali tiap setengah bulan, sebagai pelepas penat.

Sebagai layaknya seorang Ulama, K.H.M. Moenauwir juga akrab dan sering mendapat kunjungan dari Ulama-ulama lain, di antaranya;

  1. Murid-murid Syaikh Yusuf Hajar dari Madinah
  2. K.H. Sa’id (Gedongan – Cirebon)
  3. K.H. Hasyim Asy’ari (Jombang)
  4. K.H.R. Asnawi (Kudus)
  5. K.H. Manshur (Popongan)
  6. K.H. Siroj (Payaman – Magelang)
  7. K.H. Dalhar (Watucongol – Magelang)
  8. K.H. Ma’shum (Lasem)
  9. K.H.R. Adnan (Solo)

10.  K.H. Dimyati (Tremas – Pacitan)
11.  K.H. Idris (Jamsaren – Solo)
12.  K.H. Abbas (Buntet – Cirebon)
13.  K.H. Siroj (Gedongan – Cirebon)
14.  K.H. Harun (Kempek – Cirebon)
15.  K.H. Muhammad (Tegalgubuk – Cirebon)
16.  Para Kyai dari Jombang dan Pare
17.  Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan IX
18.  B.R.T. Suronegoro
19.  K.H. Asy’ari (Wonosobo) yang merupakan teman semasa belajar di Tanah Suci.

Selain dikunjungi, beliau juga kerapkali mengadakan kunjungan balasan terhadap Para Ulama yang lain, seperti kepada K.H. Hasyim Asy’ari (Jombang), K.H. Ahmad Dahlan (Yogyakarta), maupun yang lainnya.

Beliau juga mendapat kepercayaan dari pihak Kraton untuk menjadi anggota JEMANGAH, yakni jama’ah Sholat tetap yang terdiri dari 41 orang Ulama, dimaksudkan sebagai penolak bencana Negara.
Selanjutnya…